Laman

20100808

misteri dan keajaiban mesjid al aqsa. kota Baitulmuqaddis

Mesjid Al Aqsa
mesjid Al Aqsa dan mesjid Qubbra Al Sakhrah berada pada satu komplek yang sama

"maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Mesjid Al Haram ke Mesjid Al Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya untuk kami perlihatkan kepadanya sebahagian daripada tanda-tanda kekuasaan Kami.( surat Al Isra ayat:1 )
setiap orang muslim pasti tahu di mana letak mesjid yang di sebut kan dalam ayat di atas.Masjid Al Aqsa terletak di Baitul maqdis (Jerussalem), Palestina. yang pernah menjadi kiblat pertama umat islam sebelum Allah memindahkan ke ka'bah di masjid Al Haram di Makkah.perintah pengalihan itu turun pada saat Nabi Muhammad saw. sedang melakukan sholat Asyar di salah satu mesjid di medinah yang kemudian di beri nama Mesjid Qiblatain ( MesjidDua Kiblat )- ( Al Baqarah : 144 ).
kalimat Al Aqsa mempunyai dua arti . secara harfiah ia bermakna 'jauh' karna letaknya yg jauh dari Mesjid Al Haram. dan secara maknawi bagi sebagian ulama berarti  bebas dari berbagai kotoran , karena mesjid ini tempat turun malaikat dan turun wahyu serta kiblat para nabi sebelum Nabi Muhammad saw.
Menurut riwayat mesjid Al Aqsadi bangun oleh Nabi Adam as. setelah beliau membangun mesjid Al Haram.dengan demikian Mesjid Al Aqsa adalah mesjid kedua yg dibangun di muka bumi ini.karna usia mesjid itu rusak dan runruh dan di bangun kembali pada masa Nabi Ya'qubas. setelah 40 tahun ka'bah di bangun kembali oleh kakeknya Nabi Ibrahim as. Nabi Daud as. membangun kembali mesjid itu dan di sempurnakan oleh anaknya Nabi Sulaiman as. tahun 960 sebelum masehi.
setelah 370 tahun (tahun 590SM),tempat ibadah ini di hancurkan oleh bangsa Babilonia yg melakukan ekspansi kesana. kemudian tentara Babilonia di kalahkan oleh bansa Parsi (Iran) yg di pimpin oleh Cyrus,Hekal Sulaiman itu di bangun kembali .kemudian tahun 70 Masehi tentara romamenyerang kota Yerusallem dan meratakan Haekal Sulaiman itu dengan tanah.tentara roma tidak meninggalkan sedikitpun kesan tempat ibadah yang amat di agungkan oleh bani israil ini.
Pada tahun 691(72H), Khalifah Abdul Malik bin Marwandari dinasti Umayyah,selain merehab dan merenovasi mesjid Al Aqsa dengan kubah berwarna HIJAU dan plaza yang luas jaga mendirikan sebuah banguna berbentuk kubah untuk melindungi batu pijaka Rasulullah saw saat beliau akan di mikrajkan.bangunan itu terletak tidak jauh dari (sekitar 100 meter) di sebelah utara Mesjid Al Aqsa , kemudian di sebut dengan Mesjid QUBBAH AL-SHAKHRAH  (qubbatush-sakhrah, artinya kubah batu, Dome Of  the Rock). kubahnya berwarna KUNING keemasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar